25 November 2017

REVISI KURIKULUM 2013 TAHUN 2017

PERUBAHAN ISTILAH DALAM KURIKULUM 2013  REVISI 2017 


Penting untuk diketahui oleh semua guru terutama bagi guru yang sekolah/ madrasahnya melaksanakan Kurikulum 2013. setelah hasil revisi kurikulum 2013 selesai tentunya pasti ada perubahan yang terjadi dan perubahan. Perubahan yang perlu diketahui bagi para guru pengembang kurikulum sebagai berikut:

  1. Nama kurikulum tidak berubah menjadi kurikulum nasional tapi tetap "Kurikulum 2013 Edisi Revisi" yang berlaku secara Nasional.
  2.  Penilaian sikap KI 1 dan KI 2 sudah ditiadakan di setiap mata pelajaran hanya agama dan ppkn namun "KI tetap dicantumkankan dalam penulisan RPP".
  3. Jika ada 2 "nilai praktik" dalam 1 KD , maka yang diambil adalah nilai yang tertinggi. Penghitungan "nilai ketrampilan" dalam 1 KD ditotal (praktek, produk, portofolio) dan diambil nilai rata2. untuk pengetahuan, bobot penilaian harian, dan penilaian akhir semester itu sama.
  4. Pendekatan scientific 5M bukanlah satu2 nya metode saat mengajar dan apabila digunakan maka susunannya tidak harus berurutan.
  5. "Silabus kurtilas" edisi revisi lebih ramping hanya 3 kolom. Yaitu "KD, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran".
  6. Perubahan terminologi ulangan harian menjadi penilaian harian , uas menjadi  penilaian akhir semester  untuk semester 1 dan  penilaian akhir tahun  untuk semester 2. Dan sudah tidak ada lagi uts, langsung ke penilaian akhir semester.
  7. Dalam RPP, tidak perlu disebutkan nama metode pembelajaran yang digunakan dan 'materi dibuat dalam bentuk lampiran berikut dengan rubrik penilaian' (jika ada).
  8. Skala penilaian  menjadi  1-100 .  Penilaian sikap  diberikan dalam bentuk  predikat dan deskripsi.
  9. Remedial diberikan untuk yang kurang namun sebelumnya siswa diberikan pembelajaran ulang. Nilai Remedial adalah nilai yang dicantumkan dalam hasil.
Setelah Permendikbud Tahun 2015 dinyatakan tidak BERLAKU dan dirubah menjadi PERMENDIKBUD No 18, 19, 20, 21, 22, 23/2016 tentang  revisi Kurikulum 13 namun perubahan di fokuskan untuk meningkatkan hubungan atau keterkaitan antara kompetensi inti (KI) dan kompetensi dasar (KD).
Terkait Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) K13 revisi 2017, yang dibuat harus muncul empat macam hal yaitu; PPK, Literasi, 4C, dan HOTS sehingga perlu kreatifitas guru dalam meramunya.

    Poin penting revisi Kurikulum 2013 tahun 2017 Adalah sebagai berikut :

  1. Mengintergrasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) didalam pembelajaran. Karakter yang diperkuat terutama 5 karakter, yaitu: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas.
  2. Mengintegrasikan literasi; keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative);
  3. Mengintegrasikan HOTS (Higher Order Thinking Skill).

Penguatan Pendidikan Karakter perlu mengintegrasikan, memperdalam, memperluas, dan sekaligus menyelaraskan berbagai program dan kegiatan pendidikan karakter yang sudah dilaksanakan sampai sekarang.
Pengintegrasian dapat berupa :


  •   Pemaduan kegiatan kelas, luar kelas di sekolah, dan luar sekolah  (masyarakat/komunitas);
  •       Pemaduan kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler;
  •       Pelibatan secara serempak warga sekolah, keluarga, dan masyarakat;

Perdalaman dan perluasan dapat berupa:

  •  Penambahan dan pengintensifan kegiatan-kegiatan yang berorientasi pada pengembangan karakter siswa,
  • Penambahan dan penajaman kegiatan belajar siswa, dan pengaturan ulang waktu belajar siswa di sekolah atau luar sekolah;
  • Penyelerasan dapat berupa penyesuaian tugas pokok guru, Manajemen Berbasis Sekolah, dan fungsi Komite Sekolah dengan kebutuhan Gerakan PPK.
Sumber : Bimtek KK 13